Jumat, 28 Desember 2012

CARA KERJA E-MAIL

CARA KERJA E-MAIL

Gambar 5.1 memperlihatkan cara kerja sistem e-mail secara sederhana. Pada gambar tersebut, e-mail akan dikirim dari komputer Ani dengan alamat e-mail ani@a.id ke komputer Beno dengan alamat e-mail beno@b.id.


Gambar 5.1 Cara Kerja E-mail Secara Sederhana

Pada Gambar 5.1 diperlihatkan urutan proses pengiriman e-mail. Langkah yang akan terjadi adalah sebagai berikut.

1. Ani (ani@a.id) menulis e-mail di komputernya menggunakan perangkat lunak untuk menulis e-mail, seperti Thunderbird atau Evolution. Pada kolom To: Ani memasukkan alamat tujuan e-mail beno@b.id. Tombol “Send” ia tekan untuk mengirimkan e-mail ke mesin SMTP Server milik ISP A yang bernama smtp.a.id.
2. Setelah mesin smtp.a.id menerima e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id), server smtp.a.id menngecek alamat e-mail tujuan (dalam hal ini beno@b.id). Mesin smtp.a.id membutuhkan informasi ke server mana e-mail untuk mesin b.id harus ditujukan. Untuk memperoleh informasi tersebut mesin smtp.a.id bertanya ke Name Server (NS) ns.b.id di Internet yang membawa informasi tentang domain b.id.
3. Mesin Name Server ns.b.id memberitahukan mesin smtp.a.id, bahwa semua e-mail yang ditujukan kepada b.id harus dikirim kepada mesin smtp.b.id.
4. Setelah memperoleh jawaban dari ns.b.id, bahwa e-mail harus dikirim ke mesin smtp.b.id, maka mesin smtp.a.id berusaha untuk menghubungi mesin smtp.b.id. Setelah mesin smtp.b.id berhasil di hubungi, mesin smtp.a.id akan mengirimkan teks e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id) ke mesin smtp.b.id.
5. Beno (beno@b.id) yang sedang menjalankan perangkat lunak pembaca e-mail di komputernya akan mengambil e-mail dari server smtp.b.id. E-mail dari Ani (ani@a.id) akan terambil dan dapat dibaca secara lokal di komputer Beno (beno@b.id).

Seluruh proses pengiriman e-mail ini akan memakan waktu beberapa detik saja, termasuk untuk mencapai tujuan di benua Amerika atau Eropa. Tentunya cara di atas bukanlah satusatunya, cara lain yang banyak digunakan untuk mengirimkan e-mail adalah menggunakan perantara Webmail. Prinsip kerja Webmail juga sama dengan apa yang diterangkan di atas, hanya saja perangkat lunak di sisi Ani berupa Web yang diakses melalui Internet. Secara umum ada dua (2) mekanisme proses untuk membaca e-mail yang sering digunakan, yaitu:
1. menggunakan e-mail client seperti yang telah dijelaskan.
2. menggunakan Webmail yang pada dasarnya hanya mengganti perangkat lunak e-mail client menjadi aplikasi Web yang dapat diakses melalui jaringan.





Beberapa perbedaan utama antara Webmail dan e-mail client dapat Anda lihat pada Tabel 5.1.
Webmail E-mail Client
Perangkat di komputer Web BrowserWeb Browser Evolution, Thunderbird
Tempat menyimpan e-mail Web server di Internet Harddisk di komputer kita
E-mail diambil dari server? Tidak Ya
Jumlah e-mail yang disimpan Terbatas Tergantung besar harddisk
Untuk membaca dibutuhkan Akses ke Internet Tidak butuh Akses Internet
Tanpa Internet? Tidak dapat dibaca Dapat dibaca
Kecepatan akses Lambat Cepat sekali
Akses dari komputer lain? Dapat, melalui Internet Tidak dapat
Tabel 5.1 Perbedaan antara Webmail dan e-mail client

SEPINTAS TENTANG WEBMAIL

Webmail (atau e-mail berbasis Web) adalah sebuah jasa e-mail yang dibuat agar dapat diakses melalui Web. Webmail berbeda dengan e-mail melalui perangkat lunak e-mail client, seperti Mozilla's Thunderbird, atau Apple Inc.'s Mail. Beberapa penyedia jasa webmail yang populer adalah Gmail, Yahoo! Mail, Hotmail dan AOL.

Pada tahun 1997, sebelum diakusisi oleh Microsoft, Hotmail memberikan jasa Webmail yang menjadi Webmail pertama yang sangat populer. Sesudah kesuksesan Hotmail, Google mulai memperkenalkan gmail pada tahun 2004. Gmail menarik karena beberapa fitur utamanya, yaitu menu JavaScript, iklan berbasis teks, dan tempat penyimpanan e-mail yang sangat besar.

Keuntungan utama penggunaan Web mail dibandingkan dengan e-mail menggunakan email client adalah pengguna Webmail dapat mengakses kotak suratnya (Inbox) dari semua komputer yang tersambung ke Internet di seluruh dunia. Akan tetapi, keharusan adanya akses Internet menjadikan Webmail bermasalah. Webmail hanya bermanfaat pada saat ada sambungan Internet. Selain itu, kecepatan akses Webmail sangat tergantung pada kondisi jaringan.

SEPINTAS TENTANG E-MAIL CLIENT

Perangkat lunak e-mail client atau Mail User Agent (MUA) atau kadang disebut pembaca e-mail adalah perangkat lunak di komputer yang digunakan untuk mengelola e-mail. Istilah e-mail client juga digunakan untuk mengacu pada agen yang bekerja sebagai client terhadap sebuah e-mail server, yang dapat berupa MUA, server untuk merelai e-mail, atau manusia yang menulis langsung menggunakan terminal dan program telnet. Aplikasi Web yang mempunyai fungsi yang relevan dengan e-mail sering kali juga dianggap sebagai e- mail client.
Ada beberapa perangkat lunak e-mail client yang dapat digunakan di sistem operasi Linux, yaitu :
1. Thunderbird
2. Evolution.
Evolution telah terinstal secara langsung di Linux Ubuntu, sementara Thunderbird belum terinstal di Linux Ubuntu. Pada bagian ini kita akan membahas dua e-mail client yang banyak digunakan di keluarga Linux Ubuntu.

MENGGUNAKAN WEBMAIL PLASA.COM

Salah satu Webmail gratis yang banyak digunakan di Indonesia adalah plasa.com yang di operasikan oleh teman-teman dari Telkom. Untuk memperoleh account di Webmail plasa.com, kita dapat mengakses :

1. Web http://www.plasa.com → mail → daftar.
2. Atau langsung pada alamat http://plasa2.plasa.com/index.php? option=com_wrapper&Itemid=22

Gambar 5.2 Mengisi data pribadi di plasa.com

Melalui menu pendaftaran kita dapat memasukan beberapa data yang di minta untuk di isi sebelum plasa.com memberikan e-mail kepada kita secara gratis. Adapun data yang di minta antara lain adalah, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, kota, propinsi, dan alamat e-mail juga ada yang lain sebelumnya. Kita juga di ijinkan oleh plasa.com untuk memilih username yang kita inginkan dan passwordnya. Alamat e-mail kita di plasa.com nantinya akan berupa – username-anda@plasa.com. Simpan informasi ini baik-baik untuk digunakan berkomunikasi dengan rekan-rekan lain di Indonesia.

Untuk proteksi plasa.com memberikan fasilitas untuk pertanyaan dan jawabannya. Masukan pertanyaan yang mempunyai satu jawaban saja, misalnya, makanan favorit? Jawaban dapat berupa satu nama, misalnya, nasi goreng.

Gambar 5.3 Memasukkan kode gambar di plasa.com

Setelah semua data dimasukan, plasa.com akan menampilkan peraturan yang diberikan oleh plasa.com untuk pengguna. Pastikan kita men-centang kalimat “Saya sudah membaca dan setuju dengan apa yang ditulis pada disclaimer”. Terakhir, sebelum menekan tombol “Submit”, ketik kode gambar yang diberikan plasa.com. Kode ini diberikan untuk proteksi plasa.com dari spammer automatis.

Selesai sudah proses pembuatan account di plasa.com. Kita dapat mulai berkomunikasi menggunakan e-mail dengan teman-teman lain di Internet menggunakan fasilitas dari plasa.com tersebut.

Gambar 5.4 Login ke plasa.com

Untuk masuk dan menggunakan plasa.com kita perlu login dan memasukan username & password. Cara masuk ke plasa.com dapat melalui :

1. Web plasa.com http://www.plasa.com → mail.
2. Atau langsung ke alamat
http://login2.plasa.com/signon/ usernamePasswordLogin.do

Masukkan username dan password yang kita miliki ke kolom username & password yang tersedia. Kemudian tekan tombol “Login” untuk masuk.

Gambar 5.5 Menulis surat di plasa.com
Setelah kita masuk ke fasilitas mail, kita dapat melihat beberapa fasilitas yang melakukan operasi menggunakan e-mail di plasa.com. Fasilitas yang akan sering digunakan adalah :
• Kotak surat
• Tulis surat
Pada fasilitas kotak surat kita dapat melihat berbagai e-mail yang masuk ke kotak surat kita. Dengan meng-klik salah satu e-mail tersebut kita dapat membaca berita yang masuk.

Pada fasilitas Tulis Surat, kita dapat mengirim e-mail kepada orang lain. Pada dasarnya kita perlu menulis minimal empat (4) hal secara berurut, yaitu :

1. Tujuan surat (To:) kepada alamat e-mail mana akan dikirimkan.
2. Perihal/subjek e-mail.
3. Isi berita.
4. Tekan tombol “Kirim” atau “Send” jika kita telah selesai menuliskan surat/berita yang ingin kita kirim.

Hanya bermodalkan pengetahuan yang sangat sederhana ini, kita dapat berkirim surat secara elektronik ke teman-teman di seluruh dunia. Tentunya kita harus saling mengetahui alamat e-mail masing-masing.

MENGIRIM FILE DI WEBMAIIL PLASA.COM

Gambar 5.6 Mengirim file melalui plasa.com

Kadang kala kita perlu mengirimkan teks, gambar, dokumen, materi presentasi ke orang lain. Cara yang paling sederhana adalah menggunakan fasilitas attachment/sisipan di email. Pada e-mail plasa.com fasilitas attachment/sisipan terdapat pada bagian bawah dari tulis surat.

Pada dasarnya tidak banyak langkah yang perlu dilakukan untuk menyisipkan/mengattached file untuk dikirimkan melalui e-mail. Langkah tersebut adalah :

1. Tekan tombol “browse” dan cari nama file, gambar, dokumen yang akan dikirim melalui e-mail.
2. Pastikan nama file terdaftar dalam kolom attachment/sisipan.
3. Tekan tombol “kirim” jika alamat tujuan, subjek, dan berita telah selesai kita tulis untuk menyertai e-mail.

Biasanya besarnya file yang di ijinkan untuk dikirim melalui e-mail sangat terbatas sekali, rata-rata akan di batasi sekitar maksimum 4 Mbyte.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar